Pelatihan & Inkubator Bisnis

Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan visi sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan,  sangat fokus dalam memberikan perhatian  terhadap upaya mewujudkan Kampus Intrepreneur  berbasis Edu-Entrepreneurship. Dengan visi ini diharapkan  dapat meningkatkan  daya saing bangsa dengan menghasilkan lulusan yang berkompetensi dibidangnya, mampu menciptakan lapangan kerja bukan sekedar pencari kerja . Pencapaian tujuan ini dilakukan melalui aktifitas pendidikan dan pelatihan serta inkubasi bisnis guna membentuk kompetensi, jiwa  dan sikap kewirausahaan yang muncul dari potensi mahasiswa sebagai generasi muda.

Pusat Pelatihan dan Inkubator Bisnis (PPIB) sebagai bagian dari Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan (LIPK) memiliki sasaran mewujudkan visi UNM melalui pelaksanaan pelatihan kewirausahaan yang terencana dan sistematis dan melakukan proses inkubator bisnis bagi civitas akademika. PPIB bertujuan untuk melahirkan mindset baru bagi mahasiswa untuk berwirausaha dan peningkatan pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan dan membangun  bisnis. Untuk mewujudkan sasaran dan tujuan tersebut maka di bentuk program kerja pengembangan Pusat Pendidikan dan Inkubator Bisnis  sebagai berikut:

  1. Program pelatihan kewirausahaan yang berbasis edu-prenership yang terencana  dan terpadu kepada mahasiswa dan alumni UNM  serta mitra umkm.
  2. Program inkubator bisnis yang sistematis bagi mahasiswa, alumni dan umkm  melalui pra-inkubasi, inkubasi dan pasca-inkubasi kewirausahaan.
  3. Layanan konsultasi bisnis, pendampingan (Coaching) dan fasilitaor program pelatihan dan inkubator  kewirausahaan
  4. Kemitraan yang efektif dengan berbagai pihak berkepentingan (Stakeholder)