LIPK UNM Menggelar Expo Kewirausahaan 2021

Lembaga Inonasi dan Pengembangan Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar menggelar expo kewirausahaan di pelaran menara phinisi UNM. Kegiatan yang  berlansung selama dua hari ini, dimulai pada hari kamis  9 hingga 10 Desember 2021 diikuti oleh 198 jenis usaha. Peserta pada kegiatan ini terdiri atas kelompok mahasiswa S1 dan pasca sarjana yang sementara memprogramkan mata kuliah kewirausahaan, alumni dan beberapa UMKM yang ada di Kota Makassar.

Pembukaan kegiatan ini diawali dengan sambutan Ketua Lembaga Inonasi dan Pengembanagan Kewirausahaan, Bapak Prof. Ramli Umar, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan oleh LIPK UNM. Kegiatan ini digagas untuk mencapai visi dan misi UNM sebagai perguruan tinggi kewirausahaan. Pada kegiatan ini, mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan kewiraushaan tidak hanya sebatas menguasai ilmunya, akan tetapi juga mampu meningkatkan keterampilan mereka dalam menghasilkan produk hingga pemasarannya.

”Kegiatan merupakan bagian dari implementasi matakuliah kewirausahaan setelah belajar teori di dalam kelas. Melalui kegiatan expo ini diharapkan mahasiswa mampu mengekspos produk mereka dan pada bagian akhir mampu melakukan evaluasi terhadap produk yang telah dikembangkan” jelasnya.

Kegiatan expo kewirausahaan dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof. Husain Syam, dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada LIPK atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, apa yang disajikan oleh mahasiswa pada kegiatan ini merupakan bukti bahwa do PKM Pelatihan Penyusunan Soal-soal Higher Order Thinking Skills sen telah berhasil melakukan transfer ilmu dan keterampilan di dalam kelas melalui mata kuliah kewirausahaan.

“Saya merasa bangga apa yang anda lakukan hari ini dan tentu kita sebut ini langkah awal, saya ingin setiap semester dilakukan seperti ini, Expo kewirausahaan ini bagian akhir dari mata kuliah untuk membuktikan bahwa sudah terjadi transfer skil kepada mahasiswa, seperti visi dan misi yang kita canangkan kita menjawab bahwa kewirausahan wajib hukumnya untuk mata kuliah,” ungkapnya.

Akihir sambutannya, beliau optimis dengan kehadiran LIPK UNM akan mampu mewujudkan visi UNM sebagai kampus enterpreneurship dan membangun kemitraan dari berbagai kalangan yang dapat memberi ruang kepada mahasiswa dalam merintis dan menjadi wirausahawan.

Selain pameran hasil produk, pada kegiatan ini juga diisi dengan kegiatan talk show berkenaan dengan kewirausahaan yang dilaksanakan sepanjang berlangsungnya kegiatan. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan penuh dari pimpinan Universitas serta beberapa sponsor, seperti Bank Mandiri, Bank BPD Sulselbar, Telkomsel dan Indosat.